Wisata Edukasi Di Tangerang Yang Menarik Untuk Dinikmati Keluarga

Tangerang punya sejuta daya tarik yang membuat banyak orang gemar berkunjung ke sana. Mulai dari kuliner, belanja hingga wisata alam bisa kamu dapatkan di Tangerang. Kalau kamu ingin menjelajahi sisi lain dari wisata di Tangerang, kamu perlu mencoba wisata edukasi yang ada di sini. Wisata edukasi ini dapat dinikmati oleh segala usia sehingga kamu dapat mengajak keluargamu juga. Harga tiket masuknya tidak mahal, namun ada beberapa tempat yang menerapkan tarif tambahan apabila kamu ingin menggunakan fasilitas yang ada.

Untuk rekomendasi tempat wisata edukasi di Tangerang, kamu bisa melihatnya lewat artikel TripZilla ini. Wisata edukasi yang tersedia bernuansa alam dan sejarah. Jika kamu ingin sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan, mengunjungi tempat-tempat ini akan mengobati kepenatanmu. Selain mengasyikkan, sesuai namanya, wisata edukasi ini juga dapat menambah wawasanmu. Jadi apa saja sih tempat yang bisa dikunjungi?

1. Scientia Square Park

wisata edukasi di tangerang
Image credit: Scientia Square Park

Taman yang satu ini populer banget di Tangerang karena selain cantik, juga menyediakan banyak pilihan aktivitas. Kalau ingin berfoto-foto, kamu dapat menemukan berbagai spot yang instagramable dengan mudah. Namun jangan sia-siakan kesempatanmu untuk mencoba wahana-wahananya yang menantang seperti wall climbing, skate park atau motor cross. 

Image credit: Scientia Square Park

Fasilitas unik lainnya adalah adanya sawah lengkap dengan kerbaunya yang akan membawamu ke suasana pedesaan dalam sekejap. Taman kupu-kupu dan kolam ikan koi juga akan semakin mendekatkanmu pada alam. Wahana-wahana di sini pun umumnya dapat dinikmati oleh anak-anak sehingga akan memberikan pengalaman berkesan untuk mereka.

Image credit: Scientia Square Park

Alamat: Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kecamatan Kelapa Dua, Tangerang
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 07.00 WIB – 20.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 06.00 WIB – 22.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 35,000 IDR

2. Kandank Jurank Doank

Image credit: Kandank Jurank Creative Park

Sang pemilik, Dik Doank, membuka tempat wisata ini karena ingin memudahkan anak-anak mendapatkan pendidikan yang kreatif dan awalnya ditujukan bagi anak-anak kurang mampu. Tapi kini, Kandank Jurank Doank digemari oleh masyarakat luas dan bisa dinikmati semua kalangan. Di sini terdapat berbagai program untuk anak-anak seperti menyanyi, menari, kriya atau fotografi.

Image credit: Kandank Jurank Creative Park

Kamu bisa juga mencoba fasilitas outbound yang tersedia. Kemudian ada pula kegiatan menanam padi di sawah atau menangkap ikan di kolam yang pasti belum pernah dilakukan jika kamu tinggal di perkotaan. Bersiaplah untuk berbasah-basahan dan dijamin kegiatan ini bakal membuat waktu liburanmu jadi nggak terlupakan lho!

Image credit: Kandank Jurank Creative Park

Alamat: Kompleks Alvita Blok Q No. 14, Kecamatan. Ciputat, Tangerang Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

3. Museum Benteng Heritage

wisata edukasi di tangerang
Image credit: Benteng Heritage

Museum yang perlu banget dikunjungi saat ke Tangerang adalah Museum Benteng Heritage. Bangunannya merupakan hasil restorasi dari salah satu bangunan paling tua di Tangerang. Saat datang ke museum ini, kamu akan diajak berkeliling oleh seorang pemandu dan menyimak kisah sejarah penduduk Cina Benteng. Berbagai benda antik dan ukiran dinding akan mempesona matamu dan pemandu juga akan memaparkan mengenai tradisi-tradisi khas Cina Benteng.

wisata edukasi di tangerang
Image credit: Benteng Heritage

Selain untuk memamerkan benda-benda bersejarah, di museum ini juga sering diadakan acara khusus yang dapat kamu simak di website resminya. Kamu pun dapat memesan paket makan bersama dengan lauk-pauk yang unik di sini. Setelah mengikuti wisata keliling museum, ada toko cenderamata di lantai satu jika kamu ingin membeli buah tangan. Menarik dan indah sehingga sayang jika kamu lewatkan!

wisata edukasi di tangerang
Image credit:  Benteng Heritage

Alamat: Jl. Cilame No. 18 & 20, Pasar Lama, Tangerang
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

4. Tanah Tingal

Image credit: Tanah Tingal

Tanah Tingal adalah sebuah hutan kota sehingga kamu dapat menikmati semilir angin dan asrinya pepohonan yang rindang di sini. Terdapat pohon bodhi yang merupakan pohon tertua di India yang dapat kamu jadikan tempat berteduh. Suara cicit burung juga akan menghibur telingamu karena terdapat setidaknya 30 jenis burung di Tanah Tingal.

Image credit: Tanah Tingal

Aktivitas yang bisa dilakukan di Tanah Tingal adalah yoga,  futsal dan outbound. Kelas yoga diadakan di hari-hari tertentu dan tentu saja kamu bisa melakukan yoga sendiri karena tersedia tempat semi outdoor yang luas di sini. Tidak hanya aktivitas di daratan, tetapi danau buatan dan sungai di Tanah Tingal juga digunakan untuk permainan air. Kamu dapat mendayung kano di air yang tenang sambil menikmati suasana alami yang ada, nyaman banget kan?

Image credit: Tanah Tingal

Alamat: Jl. Merpati Raya No.32B, Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 8,000 IDR

5. Branchsto Equestrian Park

wisata edukasi di tangerang
Image credit: BRANCHSTO

Tempat wisata ini lain dari yang lain karena menawarkan aktivitas yang tidak biasa yaitu berkuda. Kamu dapat mendaftarkan diri atau saudara kecilmu ke kursus menunggang kuda yang tersedia. Meskipun unggulan dari tempat ini adalah olahraga berkuda, tetapi kamu juga bisa melakukan hal-hal lain lho!

wisata edukasi di tangerang
Image credit: BRANCHSTO

Jika ingin bersantai, kamu bisa menaiki andong mengelilingi kompleks Branchsto sambil menikmati keasriannya. Setelah puas, cobalah keseruan menaiki mobil ATV berkeliling lintasan yang ada di tempat ini! Jika ingin olahraga anti mainstream lainnya, kamu dapat menjajal kemampuanmu memanah. Jangan khawatir karena akan ada instruktur yang mendampingimu. Kemudian sebelum pulang, kamu bisa menaiki log train yang lintasannya berada di ketinggian. Wahana-wahana di Branchsto dijamin akan membuat akhir pekanmu semakin menyenangkan deh!

Alamat: Jalan BSD Raya Barat, Pagedangan, Kecamatan Serpong, Tangerang
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 WIB – 17.30 WIB
Harga Tiket: Gratis

6. Kampung Konservasi Rimbun

Image credit: Rimbun – Kampung Konservasi

Nuansa pedesaan yang kental dengan langit biru di sini akan membuatmu rileks seketika. Di Kampung Konservasi Rimbun, beragam kegiatan diadakan dan berfokus pada agro wisata. Kamu dapat memilih untuk mengikuti kegiatan menanam sayur-mayur, mengolah limbah sampah atau kegiatan lain untuk anak-anak seperti kursus Bahasa Inggris dan outbound. Tidak perlu takut kotor karena keasyikan dan pengetahuan baru yang kamu dapatkan akan sebanding dengan usahamu.

Image credit: Rimbun – Kampung Konservasi

Selain itu, permainan-permainan yang ada juga akan menjadikan waktu liburan anak-anak menjadi berkualitas. Jika ingin bersantai dan mengabadikan keindahan alam, terdapat saung-saung dan area yang penuh bunga-bunga yang akan mempercantik fotomu.

Image credit: Rimbun – Kampung Konservasi

Alamat: Jl. Masjid Ciater, Kampung Jati Buaran, Pamulang, Tangerang
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

7. Museum Juang TMP Taruna

wisata edukasi di tangerang
Image credit: museum_Juangtaruna.tng

Satu lagi museum yang dapat dikunjungi di Tangerang yaitu Museum Juang TMP Taruna. Saat berkunjung ke sini, jangan lupa juga berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Taruna yang terletak dalam satu kompleks. Di sini dimakamkan pahlawan-pahlawan salah satunya adalah Mayor Daan Mogot yang namanya cukup dikenal.

wisata edukasi di tangerang
Image credit: museum_Juangtaruna.tng

Kamu juga bisa menemukan buku-buku peninggalan zaman dahulu, foto-foto pelaku sejarah dan penjelasannya di dalam museum. Bangunan yang apik dan terawat membuat museum maupun taman makam pahlawan ini nyaman dan sering ramai pengunjung. Yuk mari mengenal sejarah perjuangan bangsa di sini!

wisata edukasi di tangerang
Image credit: museum_Juangtaruna.tng

Alamat: Museum Gedung Juang Taruna RT 001/RW 001, Sukaasih, Tangerang
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: 10 Tempat Wisata Di Tangerang Yang Anti-Mainstream Dan Mengesankan

Menarik dan tidak kalah seru dengan wisata kuliner atau wisata belanja kan? Jadi, mengapa tidak mencoba untuk memasukkan tempat wisata edukasi di Tangerang ini ke dalam rencana kunjunganmu selanjutnya?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru