Ngga Sampai Sejuta, Itinerary Wisata Singapura 3H2M Ini Bisa Kamu Pilih Untuk Liburan Penuh Kenangan

Dengan pintu perbatasan sudah dibuka dan syarat masuk yang dipermudah, Singapura kembali menjadi destinasi liburan di luar negeri yang paling diburu pemegang paspor Indonesia. Selain karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, Singapura sudah menjadi destinasi yang ramah dan seru untuk dikunjungi. Tak sedikit yang kemudian mengagendakan perjalanan ke Singapura, termasuk di antaranya mulai menyusun itinerary wisata Singapura 3H2M dengan berbagai rentang budget pengeluaran.

Untungnya, Singapura ramah budget untuk semua tipe traveler. Bagi yang memiliki anggaran berlebih, tentu mudah melakukan perjalanan tanpa memikirkan dana yang harus dikeluarkan. Sementara untuk yang ingin liburan hemat, Singapura juga menawarkan banyak hal yang tak kalah menarik.

Khusus untuk yang ingin jalan-jalan dengan budget terbatas di akhir pekan, itinerary wisata Singapura 3H2M ini bisa jadi bahan contekan untuk bersenang-senang. Dengan rentang budget tak lebih dari 1 jutaan rupiah, atau sekitar 100 SGD, kamu sudah bisa jalan-jalan dengan penuh kesan yang menyenangkan. Cekidot itinerarynya di sini, ya!


Catatan penting: Penghitungan budget itinerary perjalanan ini dilakukan dengan tidak memasukkan biaya tiket pesawat dan akomodasi selama di Singapura. Penghitungan hanya dilakukan selama berada di Singapura dengan mempertimbangkan biaya transportasi dan makan.

Selain itu, untuk bisa liburan murah di Singapura, kamu juga harus mengakrabkan diri dengan penggunaan transportasi umum di setiap perjalanan, menggunakan layanan wifi gratis, yang banyak tersedia di sejumlah tempat dan membawa botol air minum untuk mengurangi pembelian air mineral di tempat umum, mengingat harga air minum kemasan di Singapura relatif mahal. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat tips di tautan ini.

Untuk transportasi umum, rekomendasi pilihan adalah dengan menggunakan MRT, LRT dan layanan bus. Asyiknya, kamu bisa memaksimalkan penawaran menggunakan transportasi umum ini dengan membayar 25SGD untuk Singapore Tourist Pass selama tiga hari. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini.


Hari pertama: Tiba di Singapura dan langsung menjelajah kota

Dari manapun kamu datang, baik jalur laut melalui pelabuhan feri atau jalur udara via bandar udara Internasional Changi, kamu bisa langsung melakukan perjalanan apabila memenuhi semua persyaratan untuk masuk ke Singapura. Untuk itu, penting sekali mengetahui semua syarat dan ketentuan masuk ke Singapura.

itinerary wisata singapura 3h2m

Setelahnya, kamu bisa melakukan penjelajahan. Dengan berasumsi start perjalanan dilakukan dari Changi, mengapa tidak menjelajah dan bersenang-senang dulu di bandara internasional terbaik di Asia tersebut? Ada banyak wahana permainan dan pemandangan yang bisa dijadikan latar berfoto kamu. Jewel Changi Airport pastinya tak boleh dilewatkan, ya!

Little India bisa menjadi jujukan berikutnya karena banyak akomodasi murah yang bisa ditemukan di sini. Kamu bisa menggunakan MRT atau bus dari Changi untuk menuju ke lokasi akomodasi kamu untuk meletakkan barang bawaan sebelum melakukan perjalanan lagi.

Untuk menghabiskan hari, kamu bisa melakukan banyak kegiatan di Little India. Mustafa Centre bisa menjadi destinasi belanja yang kamu kunjungi di kawasan ini. Sekedar cuci mata pun tak masalah.

Selain itu, ada banyak tempat penuh warna di Little India, dan tentunya tempat penuh budaya yang menarik perhatian. Rumah Tan Teng Niah salah satunya. Opsi lain, Cattleland 2 untuk berpose dengan latar lukisan mural penuh warna.

Wisata kuliner di Little India juga sangat direkomendasikan. Selain masakan khas India, ada banyak kuliner halal yang bisa ditemukan di kawasan ini, dan bisa didapatkan dengan harga murah. Rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi, Tekka Market. Seharian di sini dijamin akan sangat menyenangkan dan feed Instagram kamu bakal penuh hasil karya yang menarik.

Hari kedua: Menjelajah pusat kota

Setelah sarapan di Tekka Market, memiliki tenaga yang cukup untuk kembali menjelajah Singapura, kamu bisa langsung menuju ke pusat kota Singapura, misalnya ke Orchard Road. Kawasan ini menjadi destinasi paling populer untuk dikunjungi karena memiliki atmosfer yang menarik dan menjadi spot belanja barang branded. Namun, yang ingin liburan hemat juga bisa bersenang-senang di sini, seperti mengunjungi taman rooftop di Orchard Central, mengunjungi perpustakaan paling cantik dan Instagramable di Singapura, melihat pameran seni di sejumlah museum, termasuk di antara Opera Gallery dan Cinematic Museum dan bahkan bersantai di Botanic Gardens.

itinerary wisata singapura 3h2m

Baca juga: 10 Aktivitas Wisata Seru Yang Bisa Kamu Lakukan Di Orchard Road Singapura

Waktunya makan siang, Orchard Road menawarkan sejumlah tempat makan murah yang bisa dikunjungi. Menu halal paling aman dan memenuhi cita rasa khas Indonesia ditawarkan Tok Tok Indonesian Soup House. Kamu bisa menemukan menu makanan khas Indonesia, termasuk ayam penyet, sop buntut dan sebagainya, dengan harga di bawah 10SGD.

Setelah setengah hari menghabiskan waktu di Orchard Road, kamu bisa menuju ke destinasi lain yang tidak kalah populer, Merlion Park. Menggunakan MRT atau bus, kamu bisa menuju ke patung Merlion yang terkenal itu untuk berfoto di landmark paling ikonik di Singapura. Setelahnya, tak ada salahnya menapaki Esplanadge Bridge dan menuju ke Helix Bridge dengan berjalan kaki, karena jaraknya yang relatif dekat.

Sembari berada di sini, kamu juga bisa melihat ke Marina Bay Sand, ArtScience Museum dan SkyPark Observation Deck. Kamu juga bisa menikmati Spectra, atraksi cahaya dan air yang pastinya sangat menarik untuk dinikmati. Semua itu bisa dilakukan gratis, lho!

Image credit: Tiberiu Ana

Sebelum kembali ke penginapan, kamu bisa mengisi perut di hawker center Lau Pa Sat, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan Merlion Park dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 12 menit. Ada banyak menu makanan halal yang bisa dipilih, termasuk masakan khas Indonesia seperti sate dan rujak. Harganya juga relatif terjangkau, mulai dari dari 5SGD. Asyiknya, pujasera ini buka 24 jam. Setelah makan, kamu bisa kembali ke akomodasi kamu di Little India untuk beristirahat.

Itinerary wisata Singapura 3H2M hari ketiga: Menikmati keseruan di Sentosa Island

Ya, kamu bisa mengunjungi Sentosa Island dan melakukan banyak aktivitas tanpa harus mengeluarkan budget khusus untuk tiket, mulai dari bersantai di pantai, mengunjungi benteng peninggalan perang dunia kedua dan banyak lagi lainnya. Seharian beraktivitas di sini tidak akan terasa untuk menghabiskan waktu sebelum kembali ke kampung halaman.

Budget itinerary wisata Singapura 3H2M

Selama menjelajah Singapura dalam tiga hari dan dua malam, kamu bisa menganggarkan budget tidak lebih dari 100 SGD atau kurang lebih satu juta rupiah. Di luar budget untuk pesawat dari dan ke Indonesia serta biaya akomodasi hotel, dengan berbekal air minum, perincian anggarannya bisa dilihat di bawah ini:

Singapore Tourist Pass 3-Day Pass: 25SGD Dapatkan di sini
1x makan hari pertama: maksimal 10SGD
3x makan hari kedua dan snack: maksimal 40SGD
2x makan hari ketiga: maksimal 20SGD
Total: 95SGD

Itinerary wisata Singapura 3H2M yang menarik untuk diikuti, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru