Kereta Panoramic KAI, Cara Asyik Melakukan Perjalanan Jakarta-Jogja

PT KAI baru saja merilis kereta panoramic sebagai pilihan tipe transportasi untuk plesiran dari Jakarta ke Yogyakarta dan sebaliknya. Dalam peluncurannya, kereta ini akan dioperasikan mulai Sabtu (24/12) lalu hingga 8 Januari 2023 mendatang. Pertanyaannya adalah apa yang spesial dari kereta panoramic PT KAI ini?

Dalam keterangannya kepada media, VP Public Relations PT KAI Joni Martinus menjelaskan bahwa kereta panoramic merupakan bentuk inovasi untuk memberikan pengalaman baru dalam hal perjalanan menggunakan kereta api. Gerbong kereta ini sendiri menawarkan view yang berbeda dibandingkan gerbong lainnya. Selain itu fitur yang dimiliki juga memiliki perbedaan dengan gerbong biaasanya.

“Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia,” kata Joni.

1. Apa itu kereta panoramic KAI?

Mengutip dari Antara, gerbong kereta panoramic ini memiliki kapasitas 46 tempat duduk. Gerbongnya sendiri dirangkai dan dimasukkan dalam rangkaian gerbong KA Taksaka Tambahan. Fitur utamanya adalah jendela yang luas, yang memungkinkan penumpang memiliki sudut pandang dan view yang luas. Bahkan, gerbong ini juga mempunyai atap kaca dari depan ke belakang dan bisa dibuka tutup secara otomatis.

Fasilitasnya juga istimewa, lho! Kursinya bisa diputar menghadap jendela. Ada juga fasilitas hiburan seperti televisi. Untuk rak bagasi, yang di gerbong biasa berada di atas tempat duduk penumpang, dipindah di rak bagasi khusus di ujung kereta. Hal ini memungkinkan penumpang bisa melihat pemandangan di bagian atas melalui atap kaca.

Untuk lebih menarik perhatian, penumpang juga nantinya akan mendapatkan berbagai macam snack, makanan dan minuman serta selimut secara gratis. Toilet yang ada di gerbong kereta panoramic ini juga bekerja secara otomatis. Selain toilet, tirai jendela di gerbong kereta ini juga bisa dikendalikan dari jauh.

2. Berapa harga tiket kereta ini?

Saat ini kereta panoramic KAI masih masuk dalam periode soft launching. Untuk tiket keretanya mulai dari 750,000 IDR per tiket. Saat ini, dilihat dari situs resmi PT KAI, harga tiket sudah mencapai 1,000,000 IDR per lembar tiket.

Untuk bisa mendapatkan tiket pada periode promo ini, PT KAI masih menjual dalam jumlah terbatas. Pemesanan bisa dilakukan melalui beberapa saluran yang dimiliki PT KAI, seperti KAI Access, laman resmi PT KAI dan yang lainnya.

3. Rute keberangkatan

Saat ini, gerbong kereta khusus dari PT KAI ini disambungkan dengan kereta api KA Taksaka Tambahan relasi Jakarta Gambir-Yogyakarta untuk perjalanan pergi pulang.

Rute KA Taksaka sendiri melalui sejumlah pemberhentian, yaitu Jakarta Gambir, Cirebon, Purwokerto, Kroya, Kebumen, Kutoarjo dan berakhir di stasiun Tugu Yogyakarta.

4. Jadwal keberangkatan kereta panoramic KAI

Selama periode soft launching dari 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, jadwal kereta panoramic disesuaikan dengan jadwal keberangkatan KA Taksaka Tambahan. Jadwalnya bisa dilihat di bawah ini:

Yogyakarta – Jakarta Gambir

KA 7011C
Keberangkatan: Yogyakarta pukul 21.40 WIB
Tiba: Gambir pukul 05.33 WIB

KA 7025B
Keberangkatan: Yogyakarta pukul 12.00 WIB
Tiba: Gambir pukul 19.30 WIB

Jakarta Gambir – Yogyakarta

KA 7012C
Keberangkatan: Gambir pukul 10.40 WIB
Tiba: Yogyakarta pukul 18.39 WIB

KA 7026B
Keberangkatan: Gambir pukul 23.45 WIB
Tiba: Yogyakarta pukul 07.50 WIB

Baca juga: Bubur Bakar Jogja Enak Dan 5 Tempat Terbaik Menikmati Kuliner Ini

Tertarik mencoba seru dan asyiknya naik kereta spesial dan baru dari PT KAI ini? Pesan tiketnya sekarang juga, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru