Inilah 5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia Yang Harus Kamu Tahu

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah mencanangkan lima destinasi wisata super prioritas yang akan dikembangkan secara serius pada 2020. Pertanyaannya, apakah kamu tahu destinasi mana saja yang masuk dalam rencana pengembangan pemerintah tersebut?

Dalam Rapat Terbatas Pengembangan Destinasi Wisata Prioritas di Istana Negara pada pertengahan Juli silam, pemerintah memutuskan bahwa Likupang di Minahasa Utara, Sulawesi Utara masuk dalam daftar destinasi wisata prioritas, menyusul empat destinasi lain yang sudah dimasukkan, yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Destinasi wisata super prioritas ini merupakan bagian dari program 10 Bali Baru yang dicanangkan presiden Jokowi pada awal periode pertama masa pemerintahannya. Sejauh ini anggaran yang akan dikucurkan untuk pengembangan lima destinasi tersebut mencapai total 9,35 triliun rupiah, dengan anggaran awal sebesar 2,98 triliun rupiah dan anggaran tambahan sebesar 6,36 triliun rupiah.

Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan dan pembangunan di lima destinasi tersebut, dengan alokasi terbesar menjadi wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebesar 7,56 triliun rupiah. Selanjutnya diikuti Kementerian Perhubungan 673,7 miliar rupiah, Kementerian Pariwisata 874 miliar rupiah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 142,2 miliar rupiah, Kementerian Desa PDT 82,9 miliar rupiah serta Bekraf 19,2 miliar rupiah.

Kementerian PUPR juga secara khusus mengalokasikan anggaran sebesar 2,52 triliun rupiah untuk pengembangan Danau Toba, disusul Borobudur yang mendapatkan anggaran 1,51 triliun rupiah, untuk Mandalika pada tahun depan memperoleh kucuran dana sebesar 1,74 triliun rupiah, dan Labuan Bajo dan Likupang masing-masing diberikan 991 miliar rupiah dan 499 miliar rupiah.

1. Danau Toba

Gunung Pusuk Buhit | Image credit: @sukronstrs_

Danau Toba merupakan danau alami terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia, yang berada di kaldera Gunung Berapi Super. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman 1600 meter. Danau ini terletak di tengah pulau Sumatra Utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter.

K Air terjun Efrata | Image credit: @fajarnuari

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengungkapkan pihaknya mendukung penuh program pengembangan Danau Toba untuk menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas Indonesia, mulai dari memfasilitasi wisatawan, dengan mengembangkan tempat ibadah, mendirikan hotel, restoran, juga pada aksesibiltas, kendaraan-kendaraan yang bisa mengantar keliling Danau Toba.

Desa Ambarita | Image credit: @yusantaavi

Mengembalikan alam Danau Toba dan memperkuat budaya tujuh etnis yang melingkari di danau ini juga akan menjadi perhatian pihaknya.

Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui destinasi dan akomodasi di Danau Toba:

2. Borobudur

Image credit: @wander.franc

Merupakan candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus menjadi salah satu monumen Buddha terbesar di dunia, yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra, terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Image credit: @faslanhafizha

Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan, dengan tiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah objek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Image credit: @isti_tt

Diungkapkan Ganjar Pranowo, gubernur Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mempersiapkan wisata Borobudur dengan meningkatkan tingkat kebersihan. Selain itu, untuk mempromosikan kunjungan ke Borobudur, pemerintah bersama sejumlah pihak menggelar berbagai even internasional seperti Borobudur Maraton. Selain di Borobudur, Jawa Tengah juga sedang mengembangkan Sangiran, Dieng, Pangandaran, dan Nusa Kambangan.

Klik tautan di bawah ini untuk tahu wisata terbaik di Borobudur:

3. Mandalika

Bukit Merese | Image credit: @jovi_travel

Mandalika, Lombok Tengah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata. Dengan wilayah seluas 1,036 hektar dan menghadap ke Samudera Hindia, KEK Mandalika diharapkan bisa mengangkat sektor pariwisata di NTB.

Batu Payung | Image credit: @towzonglin

Potensi wisata di Mandalika cukup menjanjikan, namun tidak banyak yang mengetahui keindahannya. Mulai dari pesona pantai hingga pemandangan alam bawah laut yang memukau, termasuk menjadi tuan rumah perhelatan akbar kejuaraan balap motor internasional MotoGP pada 2021 mendatang.

Pantai Kuta Mandalika | Image credit: @labuanbajotour

Diungkapkan Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Gubernur Nusa tenggara Barat, pemerintah mengajak berbagai pihak untuk ikut mengembangkan Mandalika, baik dalam bentuk pembangunan hotel, restoran serta pembangunan rumah sakit. Ditambahkannya, pemerintah juga akan berusaha melindungi wisatawan mengingat kawasan NTB merupakan kawasan rawan bencana.

Klik tautan di bawah ini untuk tahu destinasi wisata terbaik di Mandalika:

4. Labuan Bajo

Image credit: @z555mtq

Destinasi wisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur menyajikan wahana wisata alam yang luar biasa. Lanskap alam yang menarik, garis pantai yang istimewa dan juga panorama yang tiada duanya, bisa kamu nikmati dengan leluasa di waktu liburmu. Namun, tidak hanya di Labuan Bajo, ada belasan, bahkan puluhan destinasi wisata asyik lain di Flores yang wajib kamu kunjungi.

Salah satunya yang wajib kamu lihat di Flores tentunya keajaiban dunia, Komodo. Tidak sedikit destinasi wisata di Labuan Bajo yang menghadirkan hewan eksotis dari Indonesia Timur itu sebagai atraksi utamanya. Melihat cara mereka hidup, makan, berinteraksi dengan lingkungannya, semuanya luar biasa.

Image credit: @kimbala1975

Pemerintah juga sudah mengupayakan banyak hal untuk terus mempromosikan Labuan Bajo, mulai dari penerbangan langsung dari dalam negeri dan mancanegara, juga menetapkan sebagai salah satu destinasi wisata halal dunia.

Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui destinasi dan akomodasi di Labuan Bajo:

5. Likupang

Pulau Lihaga | Image credit: @anjarphandoyo.ig

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berkomitmen untuk menjadikan Likupang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus untuk pariwisata, yang membuat pemerintah pusat memasukkan dalam destinasi wisata super prioritas.

Diungkapkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, pihaknya memiliki strategi pembangunan, yaitu dengan mempersiapkan hotel, restoran, pendukung tempat wisata laut dan usaha membuka penerbangan internasional langsung ke Bandara Sam Ratulangi.

Nah, siapa di antara kamu yang sudah mengunjungi semua destinasi wisata super prioritas di atas?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru